Efektivitas Penerapan Metode Quantum Teaching Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa MAN Polewali Mandar

  • Husnah Z IAI DDI Polewali Mandar
Keywords: Efektivitas, Quantum Teaching, Hasil belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan pretest-posttest control group design bertujuan untuk mengetahui seberapa besar keefektifan metode quantum teaching terhadap peningkatan hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar Bahasa Arab peserta didik yang menggunakan metode tersebut memperoleh peningkatan dengan sangat signifikan karena hampir semua peserta didik memiliki nilai di atas rata-rata. Maka penggunaan metode pembelajaran quantum teaching efektif terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik MAN 1 POLEWALI MANDAR dibuktikan dengan uji statiktik (uji-t) skor t hitung > t tabel (2,96 > 1,673). Implikasi dalam penelitian ini adalah metode quantum teaching yang digunakan dalam pembelajaran bahasa arab sangat berperan pada kecepatan dan ketepatan paham peserta didik sehingga menghilangkan prasangka “sulit” dalam benak peserta didik terhadap pembelajaran bahasa arab.

 

This research is a quasi experimental research with pretest-posttest control group design aims to find out how much effectiveness of quantum teaching method to improve learning outcomes. The results of this study indicate that the learning outcomes of Arabic learners who use the method obtain a very significant improvement because almost all learners have an above-average value. So the use of effective quantum teaching method to improve learning outcomes of learners MAN 1 POLEWALI MANDAR proved by static test (t-test) t count> t table (2.96> 1.673). The implication in this research is that quantum teaching method used in Arabic language learning is very influential on the speed and accuracy of students' understanding, thus eliminating the "difficult" prejudices in the minds of learners towards Arabic learning.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-06-30
Section
JPPI Volume 1 Nomor 1 Juni 2017