Publication Ethics

ETIKA PUBLIKASI

Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner adalah jurnal peer-review. Jurnal ini mengikuti pedoman dari Komite Etika Publikasi (COPE) yang menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus-kasus penelitian dan pelanggaran publikasi. Pernyataan ini mengklarifikasi perilaku etis dari semua pihak yang terlibat dalam tindakan menerbitkan artikel dalam jurnal ini, termasuk penulis, Pemimpin Editor, Dewan Editorial, peer-reviewer dan penerbit (LPPM Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar). Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner didedikasikan untuk mengikuti praktik terbaik pada masalah etika, kesalahan dan pencabutan. Pencegahan malpraktik publikasi adalah salah satu tanggung jawab penting dewan editorial. Segala bentuk perilaku tidak etis tidak dapat diterima, dan jurnal tidak mentolerir plagiarisme dalam bentuk apa pun.

Jurnal JPPI mengadaptasi COPE untuk memenuhi standar etika berkualitas tinggi untuk penerbit, editor, penulis, dan pengulas. Sebagai masalah penting, etika publikasi perlu dijelaskan dengan jelas untuk meningkatkan kualitas penelitian di seluruh dunia. Pada bagian ini, kami menjelaskan standar untuk editor, penulis, dan pengulas. Penerbit tidak berhak untuk mengganggu integritas konten dan hanya mendukung untuk menerbitkan secara tepat waktu.

Untuk Editor

1. Berdasarkan laporan peninjauan dari dewan peninjau editorial, editor dapat menerima, menolak, atau meminta modifikasi pada naskah.

2. Editor harus bertanggung jawab atas setiap artikel yang diterbitkan di Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner
Para editor dapat berkomunikasi dengan editor atau pengulas lain dalam membuat keputusan akhir.

3. Seorang editor harus mengevaluasi naskah secara obyektif untuk publikasi, menilai masing-masing pada kualitasnya tanpa melihat kebangsaan, etnis, kepercayaan politik, ras, agama, jenis kelamin, senioritas, atau afiliasi kelembagaan penulis. Ia harus menolak tugasnya ketika ada potensi konflik kepentingan.

4. Editor perlu memastikan dokumen yang dikirim ke pengulas tidak mengandung informasi dari penulis, dan sebaliknya. Keputusan editor harus diinformasikan kepada penulis disertai dengan komentar pengulas kecuali mengandung komentar yang menyinggung atau memfitnah.

5. Editor harus menghormati permintaan dari penulis bahwa seorang individu tidak boleh meninjau kiriman, jika ini beralasan dan praktis.

6. Editor dan semua staf harus menjamin kerahasiaan naskah yang dikirimkan.

7. Editor akan dipandu oleh diagram alur COPE jika ada dugaan perilaku salah atau kepengarangan yang disengketakan.

Untuk Reviewer

1. Peninjau perlu mengomentari pertanyaan etis dan kemungkinan pelanggaran penelitian dan publikasi.

2. Peninjau akan melakukan pekerjaan tepat waktu dan harus memberi tahu editor jika mereka tidak dapat menyelesaikan pekerjaan.

3. Peninjau perlu menjaga kerahasiaan naskah.

4. Peninjau tidak boleh menerima untuk meninjau ulang naskah di mana ada potensi konflik kepentingan antara mereka dan penulis mana pun.

Untuk Penulis

1. Penulis menegaskan bahwa materi tersebut belum pernah dipublikasikan sebelumnya dan bahwa mereka belum mengalihkan hak apa pun ke artikel tersebut.

2. Penulis harus memastikan keaslian karya dan mereka telah mengutip karya orang lain dengan baik sesuai dengan format referensi.

3. Penulis tidak boleh terlibat dalam plagiarisme atau plagiarisme diri.
Penulis harus memastikan bahwa mereka mengikuti kriteria kepenulisan yang diambil dari Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner yang dijelaskan dalam instruksi untuk penulis Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner.

4. Penulis tidak boleh mengirimkan naskah yang sama ke lebih dari satu jurnal secara bersamaan. Diharapkan juga bahwa penulis tidak akan menerbitkan manuskrip berlebihan atau manuskrip yang menggambarkan penelitian yang sama di lebih dari satu jurnal.

5. Kepenulisan harus dibatasi pada mereka yang telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap konsepsi, desain, pelaksanaan atau interpretasi penelitian yang dilaporkan. Orang lain yang telah memberikan kontribusi signifikan harus terdaftar sebagai penulis bersama. Penulis juga memastikan bahwa semua penulis telah melihat dan menyetujui versi naskah yang dikirimkan dan pencantuman nama mereka sebagai penulis bersama.

6. Penulis tidak menyarankan informasi pribadi apa pun yang dapat membuat identitas pasien dapat dikenali dalam segala bentuk bagian deskripsi, foto, atau silsilah.

7. Penulis harus memberi editor data dan detail pekerjaan, jika ada kecurigaan pemalsuan atau pemalsuan data. Jika suatu saat, penulis menemukan kesalahan atau ketidakakuratan yang signifikan dalam naskah yang dikirim, maka kesalahan atau ketidaktepatan tersebut harus dilaporkan kepada editor.

8. Penulis jurnal harus mengklarifikasi segala sesuatu yang dapat menyebabkan konflik kepentingan seperti pekerjaan, biaya penelitian, biaya konsultan, dan kekayaan intelektual pada dokumen JPPI.

9. Penulis wajib menandatangani surat pernyataan artikel bebas dari unsur plagiat