MASTERING OF LEARNING METHODS TO IMPROVING EDUCATIONAL LEARNING ACHIEVEMENT ISLAMIC RELIGION OF SMPN STUDENTS 1 MATTIROBULU DISTRICT PINRANG

MASTERING OF LEARNING METHODS TO IMPROVING EDUCATIONAL LEARNING ACHIEVEMENT ISLAMIC RELIGION OF SMPN STUDENTS 1 MATTIROBULU DISTRICT PINRANG

  • ahmad ahmad ahmad staiddipinrang
Keywords: Mastery of Learning Methods, Learning Achievement of Islamic Religious Education

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penguasaan metode pembelajaran terhadap peningkatan prestasi belajar pendidikan agama Islam peserta didik di SMPN 1 Mattirobulu Kabupaten Pinrang. Penelitian ini dilakukan karena masih banyak pendidik yang tidak menguasai metode pembelajaran sebelum proses pembelajaran berlangsung, sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai dengan baik sehingga pembelajaran tidak efektif dan efisien.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriftif kuantitatif, dengan pendekatan edukatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah library reseach, field reseach, wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Populasinya adalah peserta didik 1 Mattirobulu Kabupaten Pinrang sebanyak 903 orang, sedangkan sampelnya 36 0rang. Adapun teknik analis data yang digunakan penulis metode deduktif, induktif, komparatif dan Persentase,. Keterangan: P= Persentase F= Frekuensi yang dicari persentase N= Jumlah frekuensi / banyaknya responden.

Hasil dari penelitian ini, menunjukkan: 1) Metode pembelajaran  yang diterapkan oleh pendidik dalam proses pembelajaran di SMPN 1 Mattirobulu Kabupaten Pinrang metode ceramah, tanya jawab, pemberian tugas dan drill. 2) Penguasaan metode pembelajaran terhadap peningkatan prestasi belajar pendidikan agama Islam peserta didik di SMPN 1 Mattirobulu Kabupaten Pinrang sangat baik sehingga peserta didik dengan mudah menerima materi pembelajaran dan peserta didik semakin berminat mengikuti proses pembelajaran sehingga prestasinya lebih meningkat. 3) Hubungan penguasaan metode pembelajaran dengan peningkatan prestasi belajar pendidikan agama Islam peserta didik di SMPN 1 Mattirobulu Kabupaten Pinrang dapat dilihat dari sasarannya yang mengarah kepada nilai-nilai edukatif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-16
Section
JPPI Volume 4 Nomor 2 Desember 2020