Penggunaan Metode dan Strategi Pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik

  • maswati maswati Universitas Muhammadiyah Parepare

Abstract

Penelitian ini bertujuan, untuk mengetahui penggunaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), mengetahui Prestasi belajar peserta didik, dan penggunaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dalam meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 3 Parepare. Jenis penelitian tesis ini adalah kualitatif; dengan Pendekatan yang digunakan; pedagogis, dan psikologis dengan metode kualitatif dan analisis data bersifat reduksi data, Sajian data, dan Penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan, Penggunaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) yaitu dalam setiap pembelajaran, pendidik selalu menggunakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), akan tetapi pendidik terlebih dahulu merancang suatu pembelajaran yang mencakup beberapa hal diantaranya ada silabus dan rencana persiapan pembelajaran. Prestasi belajar pendidikan agama Islam (PAI) lebih meningkat dengan penggunaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dalam pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI). Hal ini karena dalam pembelajaran pendidik senantiasa menggunakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebagai acuan dalam mengajar serta pemberian evaluasi. Penggunaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) dalam Meningkatkan Prestasi Belajar pendidikan agama Islam (PAI) di SMK Negeri 3 Parepare dimana proses pembelajaran dengan menggunakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang mengacu pada kurikulum 2013 dalam upaya meningkatkan prestasi belajar peserta didik di SMKN 3 Parepare ini mengacu pada rancangan yang dibuat oleh pendidik yaitu bagaimana menyampaikan berbagai KD yang ada pada peserta didik melalui tema-tema yang akan di sampaikan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-05-30
Section
JPPI Volume 3 Nomor 1 Juni 2019