STRATEGI OPTIMALISASI PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI 10 BULUKUMBA

  • KAMUS MUSTAMIN LECTURE

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan strategi optimalisasi penanaman nilai-nilai pendidikan Islam pada implementasi Kurikulum 2013 di SMA Negeri 10 Bulukumba. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) bersifat kualitatif deskriftif dengan pendekatan Teologis Normatif, Psycopedagogis, dan fenomenologis. Metode pengumpulan data menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Strategi optimalisasi penanaman nilai-nilai pendidikan Islam pada implementasi Kurikulum 2013 di SMA Negeri 10 Bulukumba adalah dengan mengimplementasikan fungsi-fungsi manajemen kurikulum, mulai dari perencanaan kurikulum dengan model Desain Kurikulum Humanistik, organisasi kurikulum dengan model integrated curriculum , implementasi kurikulum model kurikulum The Corcerns-Based Adaption Model (CBAM), hingga evaluasi kurikulum model Illumination. Implikasi dari penelitian ini adalah Strategi optimalisasi penanaman nilai-nilai pendidikan Islam perlu mengimplementasikan fungsi-fungsi manajemen kurikulum dengan memilih  model  perencanaan kurikulum, pengorganisasian kurikulum, pengimplementasian kurikulum, dan evaluasi kurikulum yang tepat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-07-28
Section
JPPI Volume 4 Nomor 1 Juni 2020