MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVE PADA SISWA KELAS II SEMESTER I SDN 020 REA BARAT KECAMATAN MATAKALI KABUPATEN POLEWALI MANDAR

  • Muslimin Muslimin IAI DDI Polewali Mandar
  • Yusriah Yusriah IAI DDI Polewali Mandar

Abstract

Menumbuhkan minat belajar peserta didik dalam pembelajaran Matematika (Tematik) dengan menggunakan strategi pembelajaran Konstruktive dalam proses pembelajaran merupakan tujuan penelitian dan subjeknya adalah peserta didik kelas II Semester I di SDN 020 Rea Barat Kecamatan Matakali Kabupaten Polewali Mandar. Fokus penelitian menumbuhkan minat belajar peserta didik dalam pembelajaran Matematika SD/MI dengan menggunakan strategi pembelajaran Konstruktive yang melibatkan peneliti, guru kelas, kepala sekolah, dan guru lain sebagai kolaborator. Data diperoleh melalui pengamatan, angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian dengan kesimpulan, diantaranya: (1) Pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan peserta didik aktif di dalam kegiatan pembelajaran, sehingga berdampak pada minat belajar peserta didik, dalam mata Pelajaran Matematika (Tematik). (2) Dalam pendekatan konstruktivisme, setiap materi pelajaran yang baru, harus dikaitkan dengan pengalaman dan pengetahuan yang ada sebelumnya. Pendekatan konstruktivisme dalam pengajaran dapat diaplikasikan dalam kegiatan pembelajaran mata pelajaran lain selain mata Pelajaran Matematika. (3) Konstruktivis kegiatan pembelajaran adalah: bahwa pusat kegiatan pembelajaran adalah peserta didik aktif, pembelajaran dimulai dengan hal yang sudah diketahui dan dipahami peserta didik, bangkitkan motivasi belajar dengan membuat materi pelajaran sebagai hal yang menarik dan berguna bagi kehidupan peserta didik. (4) Pendekatan konstruktivisme adalah mengkondisikan peserta didik belajar dengan meningkatkan aktivitas, motivasi dan prestasi belajar. sehingga dapat meningkatkan minat belajar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-12-26
Section
JPPI Volume 6 Nomor 2 Desember 2022